Instal Windows Vista dengan RAM 256MB

Tadi pagi (jam 8 ), iseng-iseng berhadiah, saya coba menginstal Windows Vista Bussiness Edition dengan ram hanya 256MB, berhubung 16MB dipakai untuk onboard vga, maka total ram buat system cuma 240MB.

3 hari sebelumnya, saya gagal menginstal Windows Vista Bussiness Edition berhubung ram hanya 240MB, dan Windows Vista Bussiness Edition mensyaratkan agar ram minimal saat menginstal adalah 512MB.

Saya bersabar, dan sedikit berselancar untuk mencari cara lain (kita semua tahu bahwa Windows mempunyai banyak kelemahan, so pasti banyak bahan yang bisa diambil dari internet untuk mengakali kurangnya ram ini). Dan, wualah… ternyata saya sampai pada satu situs yang menyarankan saya men-download suatu patch yang menghalangi pemeriksaan ram ini. Nama situsnya: http://keznews.com/2273_256_MB_RAM_Windows_Vista_Crack

Setelah saya download file bernama vista_nomem.exe, saya bawa ke rumah, dan tadi pagi baru saya coba…

Saya patch, dan ternyata bisa… hehehe…
bukan main senang saya bisa menginstal Vista.

Proses instal berlangsung kurang lebih 45 menit.

Bagi yang pernah nginstal O.S. Linux pasti merasa bahwa menginstal Vista sedikit mirip dengan menginstal Linux, berhubung tampilannya tidak seperti varian Windows lainnya.

Setelah satu jam, hehe… (jam 9)
Saya perhatikan daleman Vista, terNYata LUMaYan Beda BaNGEt saMa Windows XP. Saya coba klik kanan, menu Display Option (Properties) tidak saya temukan, alih-alih terdapat pilihan Personalize,… yah beda banget kan…!!!

Terus, menu di Control Panel, juga berbeda…
Wuih, pokoknya harus menyesuaikan diri lagilah.

Seudah 30menit mengagumi tampilan Vista, saya lihat di Task Manager, ternyata proses yang jalan lumayan banyak (38 proses) dan cpu usage pun mencapai 70-80% rata-rata.

Seperti biasa, saya matikan service yang berjalan (ilmu waktu ngoprek XP nih, ketik services.msc di kolom searchnya Vista), saya hanya mematikan fitur-fitur yang tidak saya pakai, seperti service-service yang berbau jaringan atau internet, dan tidak lama kemudian, kinerjanya lumayan enak dibawa kesana-kesini,..

So, buat temen-temen di luar sana yang mempunyai ram kecil, don't worry, coba aja trik yang seperti saya gunakan.
BUT, seperti biasa, untuk O.S. Windows memang lebih besar ram maka lebih baik lagi.
Minusnya untuk nginstal Vista dengan ram kecil, ya tampilannya kaga dapet WOWnya, seperti sidebar. But, better than nothing lah.

btw, Vista saya dual boot dengan XP tapi beda harddisk. Vista saya instal di partisi dengan ukuran 13GB. (http://chalicious.web.id)

0 komentar: