Pengaruh Buruk Komputer

Tenyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefesien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.

    Salah satu kasus gangguan kesehatan dalam penggunaan laptop dialami oleh  Danielle Weatherbee (29 tahun) dari Seattle, seperti yang ditulis dalam buku Using Information Technology(1). Karena kebiasaannya sehari-hari yang mempergunakan laptop di mana pun berada, ia kemudian mengalami gangguan tulang belakang. Setelah diperiksa, dokter mendapati tulang belakangnya sudah seperti seorang berusia 50 tahun. Inilah salah satu akibat dari dikorbankannya nilai ergonomic sebuah barang, dalam hal ini laptop.

    Secara luas, memang dikenal beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury (RSI)(2), Kelelahan Mata dan Sakit Kepala, Sakit Punggung dan Leher, dan Medan Elektromagnetik. Lebih lanjut mengenai Repetitive Stress/Strain Injury (RSI) sendiri adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika sang pemakai komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama. Faktor ergonomic sendiri sangat perlu diperhatikan untuk memperoleh kenyamanan dan posisi ideal yang sehat bagi tubuh selama pemakaian komputer.

    Yang kedua adalah kelelahan mata dan sakit kepala. Sebenarnya ini merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pemakai komputer, Computer Vision Sindrome (CVS)(3) sendiri merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

    Untuk masalah medan elektromantik (EMF)(4) sebenarnya telah marak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak medan magnetic yang terdapat pada berbagai jenis peralatan elektronik, termasuk komputer, terhadap para pemakainya. Mulai dari ketakutan akan gangguan kelahiran yang menyebabkan bayi lahir cacat hingga gangguan yang menyebabkan kanker, pernah menjadi isu seputar dampak medan magnetic. Akan tetapi hingga saat ini belum ada yang tahu pasti mengenai kebenaran dugaan tersebut. Namun begitu, di negara-negara maju seperti Inggris, pemerintahnya telah menganjurkan agar anak-anak di bawah umur mengurangi pemakaian barang-barang yang bermedan elektronik, termasuk komputer bagi anak. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Federal Communication Commission (FCC)(5) sebenarnya telah membuat pengukuran khusus yang disebut Specifik Absorption Rate (SAR)(6). SAR sendiri berfungsi untuk menyediakan data tingkat radiasi dari tiap type ponsel yang ada. (hyem.org)

Read More..

KALIMANTAN TIMUR “ANTARA KEPENTINGAN NASIONAL DAN KEPENTINGAN DAERAH”

Baru sekitar beberapa minggu lalu masyarakat Kalimantan Timur menyelesaikan sebuah gawean besar dalam ranah Demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Daearah langsung yang menjadi sejarah tersendiri untuk masyarakat Kalimantan Timur.Hal ini di karenakan untuk pertama kalinya masyarakat Kaltim memilih langsung pemimpin untuk periode 5 tahun kedepan.
Seperti yang kita ketahui bersama Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Kaltim telah menetapkan 2 pasangan calon pemimpin untuk berkompetisi di putaran kedua yaitu Awang Faroek-Farid W (AFI) dan Ahmad Amins-Hadi Mulyadi (AHAD).Namun yang menjadi pertanyaan besar adalah ketidak konsistenan KPU Kaltim dalam menentukan sikap dan terkesan terlalu Arogan menggunakan UU No 12 Tahun 2008 dalam pelaksanaan Pilkada Kaltim tahun 2008.
Terlepas dari itu semua hanya tinggal hitungan hari lagi Kaltim akan menjalankan tugas yang tidak ringan yaitu menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Nasional ( PON ) XVII yang akan menjadi pelaksanaan pertama kali di Provinsi Kalimantan Timur dan mungkin yang pertama kali di pulau Kalimantan.
Kita menginginkan agar daerah yang kita cintai bersama ini dapat menyelesaikan tugas yang diembannya sebagai penyelenggara dan prestasi 5 besar yang di gaungkan sejak era kepemimpinan bapak Suwarna AF.Begitu banyak cobaan yang dialami para perangkat daerah selaku panitia penyelenggara dalam melaksanakan even PON ini seperti belum selesainya Jembatan Mahulu,Venues-Venues yang belum rampung,hingga pemindahan beberapa cabang olahraga( cabor ) di beberapa daerah.
Namun itu semua kita harapkan dapat rampung sebelum pelaksanaan PON ke-XVII.Sebagai masyarakat mari kita dukung upaya pemerintah dalam menyukseskan even olahraga 4 tahunan terbesar di Indonesia dengan cara menciptakan citra positif dan menjaga situsasi kondusif selama pelaksanaan PON berlangsung.
Kita Harapkan para elit pemerintahan dapat bijak dan arif mengambil semua keputusan dalam pelaksanaan PON kali ini.Karena ini menyangkut nama baik sekitar 2,2 Juta lebih masyarakat Kalimantan Timur.
Biarlah Elit Politik yang memperebutkan kekuasaan untuk memimpin Kaltim menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah dan dewasa yang terjadi dalam pilkada tahun 2008 dan mengesampingkan Ego masing-masing kandidat sehingga PON yang akan dilaksanakan dapat berjalan secara maksimal dan membawa angin segar bagi masyarakat Kaltim yang sedang tertekan akibat naiknya Bahan Bakar Minyak(BBM) dan komoditi lainnya.
Bukan hanya sukses sebagai tuan rumah yang kita inginkan,tetapi sukses prestasi akan menambah kebanggaan kita tinggal di Provinsi Kalimantan Timur.Mari kita memberikan dukungan dan Doa kepada Duta-duta olahraga Kaltim yang akan berjuang untuk mengharumkan nama provinsi Kaltim di arena PON ke-XVII dengan melupakan sejenak apa yang telah terjadi dalam proses pilkada Kaltim 2008.

*Penulis adalah ketua departemen Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Persatuan Mahasiswa Tarakan (PERMATA) periode 2008-2009 dan ketua Departemen Kajian Dan Hubungan internasional Pengurus Pusat Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia ( PP ISMAHI) periode 2007-2009.

Read More..

Tips & Cara Memilih Jurusan Kuliah Di Perguruan Tinggi Yang Baik

Pada umumnya siswa yang telah lulus dari SMA, SMEA, SMK dan jenjang sederajat lainnya akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri / PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta / PTS. Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diambil. Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusa yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda di masa depan.

Cara milih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jrurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi masal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.

Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda. Selamat berjuang.

Read More..

TIPS MENGHADAPI SPMB

BUAT KAMU-KAMU YANG PENGEN IKUTAN SPMB, BERIKUT ADA SEDIKIT TIPS PRAKTIS TENTANG PERSIAPAN MENJELANG UMPTN. SEBENARNYA KAMU-KAMU NGGAK PERLU TAKUT YA UNTUK IKUTAN SPMB, YANG PENTING KITA HARUS MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGHADAPI SPMB.

LANGKAH PERTAMA :

KALO MAU IKUTAN SPMB, YA... DINIATKAN YANG MANTAP, JANGAN SETENGAH HATI. SIAPKAN SEMUA "SENJATA" SERTA "PERLENGKAPAN PERANG" UNTUK MENGHADAPI YANG SATU INI. MANTAPKAN TUJUAN KITA PENGEN MASUK KEMANA, MISALNYA KEDOKTERAN UI, TEKNIK ELEKTRO ITB, PSIKOLOGI UGM ATAU TEKNIK MESIN UNDIP. PERTIMBANGKAN PULA KEADAAN EKONOMI ORANG TUA, CITA-CITA, HARAPAN ORANG TUA, SERTA PELUANG KERJANYA SETELAH LULUS NANTI.

BELI ATAU PINJAM SOAL-SOAL SPMB TAHUN-TAHUN TERDAHULU DARI KAKAK-KAKAK KELAS ATAU SAUDARA, TERUS KERJAKAN SOAL-SOAL ITU SEBANYAK MUNGKIN. KARENA SOAL SPMB ITU MENGULANG DARI SOAL-SOAL TAHUN TERDAHULU, PALING ANGKANYA YANG BERUBAH. OYA, DARI DULU SPMB ITU NAMANYA SELALU BERUBAH, TAPI INTI-NYA TETAP SAMA. DULU NAMANYA PROYEK PERINTIS, SKALU, SIPENMARU, UMPTN KEMUDIAN SPMB.

JUGA JANGAN REMEHKAN MATA UJIAN HARI PERTAMA, TERUTAMA BAHASA INDONESIA. RUGI LHO KALO NILAI BHS. INDONESIANYA KECIL, KARENA ITU MERUPAKAN TAMBANG NILAI DI SPMB. MINIMAL BISA 25 SOAL YANG BENAR.

LANGKAH KEDUA :

KALO BISA IKUTAN BIMBINGAN BELAJAR ALIAS BIMBEL, TAPI KALO NGGAK BISA, USAHAKAN UNTUK MENCARI REFERENSI LAIN DI LUAR BIMBEL, JANGAN MALU MINTA AJARIN SAMA KAKAK KELAS YANG SUDAH KULIAH, BAHKAN JANGAN MALU JUGA NANYA SAMA ADIK KELAS YANG LEBIH PINTAR. YANG PENTING KAN ILMUNYA BISA DISERAP.

LANGKAH KETIGA :

UNTUK MENGUKUR SEJAUH MANA PERSIAPAN DAN KEMAMPUAN KITA, IKUT TRY-OUT SPMB, PASTI DONK BANYAK TEMPAT ATAU INSTANSI DI KOTAMU YANG NGADAIN TRY-OUT SPMB. SO JANGAN RAGU UNTUK IKUTAN. BEGITU KELUAR NILAI TRY-OUT KAMU SEGERA COCOKKAN SENDIRI DENGAN PASSING GRADE JURUSAN DAN PTN YANG AKAN KAMU TUJU. KALO NILAINYA CUKUP PILIH SAJA, TAPI KALO NGGAK CUKUP PILIH ALTERNATIF LAIN, MISALNYA PILIH JURUSAN ATAU PTN DENGAN NILAI PASSING GRADE YANG LEBIH RENDAH. O,YA UNTUK BISA MENGETAHUI NILAI PASSING GRADE JURUSAN DI PTN, BISA DILIHAT DI BIMBEL ATAU TANYA SAJA SAMA TEMAN YANG IKUTAN BIMBEL. JANGAN SEGAN UNTUK KONSULTASI KE PENGAJAR BIMBEL ATAUPUN KE KAKAK KELAS YANG PERNAH LULUS UMPTN.

LANGKAH KEEMPAT :

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMINTA PETUNJUK SERTA PERTOLONGAN DARI ALLAH, KARENA HANYA ALLAH YANG AKAN MENENTUKAN SEGALANYA. PERBANYAK IBADAH SUNNAH, MISALNYA SHALAT QIYAMUL LAIL, PUASA SENIN KAMIS, SHALAT DHUHA, DLL

LANGKAH KELIMA :

HATI-HATI DENGAN MASALAH TEKNIS PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN. PENGISIAN FORMULIR HARUS TEPAT DAN HATI-HATI. TIDAK BOLEH KOTOR, BASAH, TERLIPAT ATAU LECEK. KARENA FORMULIR UMPTN AKAN DIBACA OLEH KOMPUTER SEHINGGA HAL-HAL TSB SANGAT BERPENGARUH. SAYANG KAN..., KALO SAMPAI TERJADI "KECELAKAAN" PADA FORMULIR SPMB, PADAHAL SEBENARNYA NILAI SPMB KAMU CUKUP TINGGI.

LANGKAH KEENAM :

JANGAN LUPA UNTUK SURVEI TEMPAT UMPTN MINIMAL 2 HARI SEBELUM SPMB. AMBIL RESIKO TERBURUK YAITU MENDAPATKAN MEJA ATAU TEMPAT DUDUK YANG KURANG MEMADAI. JADI, SIAPIN SEMAKSIMAL MUNGKIN. DAN PADA MALAM HARI SEBELUM SPMB JANGAN TERLALU BANYAK BELAJAR ATAUPUN KEGIATAN BERAT LAINNYA, TAPI ISTIRAHAT UNTUK MENENANGKAN PIKIRAN, AGAR BESOKNYA BISA SEGAR. PAKAILAH PAKAIAN YANG NYAMAN, AGAR TIDAK MENGGANGU KONSENTRASI.

SIAPKAN "SENJATA-SENJATA" BERIKUT : MINIMAL 4 MATA PENSIL 2B YANG SIAP PAKAI, BISA DENGAN MENYERUT 2 UJUNG PENSIL 2B, PENGHAPUS YANG BERSIH, PENGGARIS, KLIP/PENJEPIT KERTAS MINIMAL 5 BUAH, PULPEN, TISSUE/SAPUTANGAN, ALAS, JAM YANG TEPAT, AIR MINUM. O, YA KARTU UJIAN-NYA NGGAK BOLEH LUPA LHO...

KALO BISA DATANG JANGAN TERLALU KEPAGIAN ATAU TERLAMBAT. KALO KEPAGIAN KITA BISA BE-TE NUNGGUIN LAMA, KALO TELAT KITA JUGA NGGAK TENANG NGERJAIN SOAL. WAKTU OPTIMALNYA KIRA-KIRA 15 MENIT SEBELUM MASUK. HINDARI MEMBAWA BUKU YANG BANYAK, KARENA MEMBERATKAN, CUKUP "SENJATA" SAJA YANG DIBAWA. YAKINLAH BAHWA KAMU TELAH MENGISI FORM NAMA, NOMOR UJIAN DAN KODE SOAL DENGAN BENAR. JANGAN LUPA PERIKSA BERULANG-ULANG.

UNTUK MENGERJAKAN SOAL-SOAL HITUNGAN, PERTAMA BUKALAH KLIP PADA NASKAH SOAL, KEMUDIAN PISAHKAN SATU-SATU PER MATA PELAJARAN, JEPIT DENGAN KLIP/PENJEPIT KERTAS YANG TELAH KAMU SIAPKAN, NAH, MISALNYA UNTUK MENGERJAKAN SOAL FISIKA, DAPAT MENGHITUNG/MENCORET-CORET PADA BELAKANG NASKAH SOAL PELAJARAN LAINNYA. LEBIH MUDAH KHAN??

KERJAKANLAH SOAL YANG KAMU ANGGAP PALING MUDAH TERLEBIH DAHULU BARU MENINGKAT KE YANG SEDANG KEMUDIAN YANG SULIT, SISAKAN WAKTU MINIMAL 15 MENIT UNTUK MEMINDAHKAN KE LEMBAR JAWABAN. MANFAATKAN WAKTU-WAKTU "INJURY TIME" UNTUK MENGECEK TERAKHIR KEBENARAN FORM NAMA, NOMOR DLL SERTA JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN KOMPUTER. JANGAN TERBURU-BURU TAPI JUGA JANGAN MEMBUANG WAKTU. HINDARI PEKERJAAN YANG MEMBUANG WAKTU MISALNYA MENYERUT PENSIL, DSB. RUGI LHO.

SETELAH SELESAI UJIAN, LANGSUNG PULANG, JANGAN KELUYURAN, SIAPKAN UNTUK HARI KEDUA. KALO PERLU SEMBUNYIKAN LEMBARAN SOAL YANG KITA BAWA PULANG. HINDARI AJAKAN TEMAN UNTUK MEMBAHAS SOAL ATAU MENGUNGKIT-UNGKIT TENTANG UMPTN, KARENA AKAN SANGAT MENGGANGGU "JIWA" KITA. KECUALI KALO SUDAH "KEBAL" SIH NGGAK APA-APA. KALAU KETEMU TEMAN CUKUP DENGAN OBROLAN YANG RINGAN SAJA.

HAL-HAL YANG TAK KALAH PENTING DALAM PEMILIHAN JURUSAN

SEBELUM MEMILIH JURUSAN, ADA BAIKNYA CARI INFORMASI TERLEBIH DAHULU AGAR TIDAK TERJADI PENYESALAN DI KEMUDIAN HARI. TANYA-TANYA SAMA KAKAK KELAS ATAU TEMAN, BAGAIMANA KULIAHNYA, DOSENNYA, FASILITASNYA, PERGAULANNYA, OSPEKNYA, BIAYA KULIAHNYA, PRAKTIKUMNYA, DLL.

Read More..

Instal Windows Vista dengan RAM 256MB

Tadi pagi (jam 8 ), iseng-iseng berhadiah, saya coba menginstal Windows Vista Bussiness Edition dengan ram hanya 256MB, berhubung 16MB dipakai untuk onboard vga, maka total ram buat system cuma 240MB.

3 hari sebelumnya, saya gagal menginstal Windows Vista Bussiness Edition berhubung ram hanya 240MB, dan Windows Vista Bussiness Edition mensyaratkan agar ram minimal saat menginstal adalah 512MB.

Saya bersabar, dan sedikit berselancar untuk mencari cara lain (kita semua tahu bahwa Windows mempunyai banyak kelemahan, so pasti banyak bahan yang bisa diambil dari internet untuk mengakali kurangnya ram ini). Dan, wualah… ternyata saya sampai pada satu situs yang menyarankan saya men-download suatu patch yang menghalangi pemeriksaan ram ini. Nama situsnya: http://keznews.com/2273_256_MB_RAM_Windows_Vista_Crack

Setelah saya download file bernama vista_nomem.exe, saya bawa ke rumah, dan tadi pagi baru saya coba…

Saya patch, dan ternyata bisa… hehehe…
bukan main senang saya bisa menginstal Vista.

Proses instal berlangsung kurang lebih 45 menit.

Bagi yang pernah nginstal O.S. Linux pasti merasa bahwa menginstal Vista sedikit mirip dengan menginstal Linux, berhubung tampilannya tidak seperti varian Windows lainnya.

Setelah satu jam, hehe… (jam 9)
Saya perhatikan daleman Vista, terNYata LUMaYan Beda BaNGEt saMa Windows XP. Saya coba klik kanan, menu Display Option (Properties) tidak saya temukan, alih-alih terdapat pilihan Personalize,… yah beda banget kan…!!!

Terus, menu di Control Panel, juga berbeda…
Wuih, pokoknya harus menyesuaikan diri lagilah.

Seudah 30menit mengagumi tampilan Vista, saya lihat di Task Manager, ternyata proses yang jalan lumayan banyak (38 proses) dan cpu usage pun mencapai 70-80% rata-rata.

Seperti biasa, saya matikan service yang berjalan (ilmu waktu ngoprek XP nih, ketik services.msc di kolom searchnya Vista), saya hanya mematikan fitur-fitur yang tidak saya pakai, seperti service-service yang berbau jaringan atau internet, dan tidak lama kemudian, kinerjanya lumayan enak dibawa kesana-kesini,..

So, buat temen-temen di luar sana yang mempunyai ram kecil, don't worry, coba aja trik yang seperti saya gunakan.
BUT, seperti biasa, untuk O.S. Windows memang lebih besar ram maka lebih baik lagi.
Minusnya untuk nginstal Vista dengan ram kecil, ya tampilannya kaga dapet WOWnya, seperti sidebar. But, better than nothing lah.

btw, Vista saya dual boot dengan XP tapi beda harddisk. Vista saya instal di partisi dengan ukuran 13GB. (http://chalicious.web.id)

Read More..

Agar Notebook Tahan Lama...

Rasanya gak tega melihat orang lain memperlakukan notebook seenaknya. Walaupun memang itu adalah notebook kepunyaannya. Sudah banyak notebook yang masuk ke meja reparasi di rumah, sayangnya hampir semua dikarenakan masalah-masalah sepele. Tapi akibatnya bisa sangat fatal. Duh.. jadi keingetan Dell yang tercinta, padahal dia sudah saya anggap sebagai "teman seperjuangan".

Ok, sekarang saya mau sharing saja, bagaimana cara memperlakukan notebook secara bijak. Berlaku bijak terhadap notebook yang kita miliki akan membawa manfaat lebih banyak untuk kita kedepan. Jangan sampai gara-gara membawa jalan-jalan sebuah notebook yang sedang beroperasi, Anda bisa kehilangan data terpenting Anda. So.. ini beberapa tips berlaku bijak terhadap notebook :

_______________________________________________________________________________

Pertama : Paha Anda bisa membuatnya klenger
Meletakkan notebook di pangkuan paha Anda dapat membuat aliran udara pada bagian bawah notebook menjadi terhambat (selain membuat paha Anda tentunya menjadi panas pula). Sirkulasi udara yang tidak lancar dapat menimbulkan overheat, sehingga bisa merusak komponen-komponen vital lainnya (termasuk baterai).

Kedua : Dudukkan dia ditempat sejuk bukan empuk
Begitu pula meletakkan notebook pada permukaan yang lunak (lembut), misalnya sofa, tempat tidur ataupun karpet. Jika Anda seperti saya yang tetap bandel mau memakainya, gunakanlah Fan Cooler untuk menyangganya dan memperlancar aliran udara sehingga notebook tetap Cool...! Cool..! Cool...!. Walaupun hal ini tentunya akan mengurangi work time dari baterai itu sendiri.

Ketiga : Dia bukan kuli barang
Notebook bukan alat untuk menyangga beban (begitu pula dengan baterainya), jadi bila Anda masih terbiasa menumpuk benda-benda berat diatasnya, berarti Anda belum bijaksana memperlakukan notebook kesayangan Anda. Apalagi jika sampai jatuh dan terhimpit. Sebab hal ini memperbesar kemungkinan sirkuit didalamnya korslet (hubung singkat) yang kemudian mengakibatkan overheat.

Keempat : Jaga dia dari kegerahan
Bila Anda berada di tempat panas, misalnya dibawah terik matahari maupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka pada siang hari, maka segeralah mencari tempat teduh. Sayangi notebook Anda sebagaimana Anda menginginkannya selalu bersama Anda. Kasihan notebook Anda jika harus bekerja di tempat panas.

Kelima : Dia tidak suka jus
Jika Anda suka menggunakan notebook sambil memakan cemilan dan meminum segelas jus, maka jauhkanlah makanan dan minuman tersebut dari notebook Anda untuk menghindari tumpah. Kalaupun seandainya notebook Anda tersiram air juga, maka bersihkan dan gunakan kembali setelah benar-benar kering.

Keenam : Baca bagaimana cara merawatnya
Pastikan Anda tahu cara menggunakan dan menyimpan baterai, seperti yang tertera pada manual notebook bersangkutan. Sebab tidak semua vendor notebook memiliki cara yang sama untuk perawatan baterainya.

Ketujuh : Perutnya sudah kekenyangan, biarkan istirahat
Jika berada di rumah atau di kantor, dan menghubungkan chargernya ke listrik PLN, maka jika baterai telah terisi full, saya sarankan untuk melepas baterai, dan gunakanlah charger. Bijaksanalah untuk menggunakan baterai hanya untuk keperluan yang important and urgent.

Kedelapan : Olah ragakan seluruh fisiknya
Usahakan dua minggu atau sebulan sekali, baterai dipake hingga benar-benar kosong. Hal ini untuk menjaga life time tiap cell baterai. Hal ini untuk menjaga agar tiap-tiap cell baterai mengalami pengisian dan pengosongan muatan secara merata, dan menghindari adanya cell dimana yang satu selalu penuh sedang yang lain terlalu sering terjadi pengisian dan pengosongan muatan.

Kesembilan : Jodohkan dia dengan pasangan yang serasi
Bila Anda hendak mengganti charger notebook, maka gunakan charger notebook yang kompatibel. Jika tidak yakin sebaiknya tanya kepada customer service notebook yang bersangkutan

Read More..

Pengurus Persatuan Mahasiswa Tarakan Periode 2008-2009

Ketua Umum : Surya Roesman
Sekretaris Umum : Nur Rahmania
Bendahara Umum : Elvina Hermanita

Dep. Kaderisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia
Koord. : Erick Hendrawan
Anggota : 1. Marlina
2. Wahyu Agang
3. Dwi Nur K
4. Angga P

Dep. Keagamaan
Koord. : Jakaria
Anggota : 1. Dede Wahyudi
2. Fardani Habibi
3. Akbar
4. Lili Suryani
5. Yusbianto

Dep. Pengabdian Masyarakat
Koord. : Herlan Fauzy
Anggota : 1. Dita Wardani
2. Nirwana
3. Rizky Darmawan
4. Ridho
5. Eko Maryadi
6. Suryadi

Dep. Pendidikan dan Kesejahteraan
Koord. : Zainal
Anggota : 1. Ramadhani
2. Triyonico Sijabat
3. Lugas Bayu
4. Agus Kibraka
5. Shella
6. Ade Firman

Dep. Media Komunikasi Riset dan Tekhnologi
Koord. : Eko Junirianto
Anggota : 1. Sigit Wahyudi
2. Saprullah
3. Wiwik P
4. Nur Riska Dewi

Read More..

Futsal, Nyaris Saja........

30 Mei 2008, Team Futsal Permata kembali ikut berpartisipasi dalam kejuaraan futsal antar forum dan mahasiswa yang di adakan oleh forum Kutai Barat. Kejuaraan yang menggunakan sistem gugur ini, tentunya membuat team futsal Permata harus berjuang untuk menang agar dapat lolos ke babak berikutnya apalagi lawan kali ini dari tuan rumah penyelenggara kejuaraan. Team Permata diisi oleh surya (kiper), eldian, ari, topo, suryadi, setiadi, romy, dan suwardi. Pada babak pertama team futsal permata sempat tertinggal 2-4 dari team futsal Ku-bar. Beruntung pada babak ke dua team Permata mampu mengontrol jalannya pertandingan, hingga kedudukan menjadi 4-4. Bahkan, banyak peluang yang dimiliki tema futsal permata yang kurang mampu di selesaikan dengan baik. Skor imbang hingga akhir pertandingan. Sayangnya, pada laga adu penalti team futsal permata harus mengakui keunggulan team futsal Ku-Bar, setelah dua tendangan pemain dari Permata mampu di antisipasi oleh penjaga gawang lawan.Nyaris saja.......

Read More..

Langkah Awal di Mulai.....

Pelantikan kepengurusan Persatuan Mahasiswa Tarakan Periode 2008-2009 pada tanggal 25 Mei 2008 di Gedung PKK Kota Samarinda menjadi langkah awal pergerakan Permata di tahun ini. Dengan mengusung tema "Reorientasi Arah, Gerak dan Langkah Persatuan Mahasiswa Tarakan" di harapkan mampu memberi dorongan semangat baru untuk kemajuan roda organisasi in kedepannya. Amin...
Photobucket

Read More..